Senin, 12 September 2011

CATATAN DARI SEORANG ANAK UNTUK ORANG TUANYA



1. Jangan memanjakan saya. Saya tahu bahwa tidak baik saya mendapatkan semua yang saya minta. Saya hanya menguji mama dan papa.

2. Jangan takut berlaku tegas kepada saya. Saya lebih menyukainya, karena membuat saya merasa aman.

3. Jangan biarkan saya dengan kebiasaan buruk. Saya sangat memerlukan bantuan papa dan mama untuk mengetahuinya sejak awal.

4. Jangan membuat saya terkesan bodoh atau tidak tahu apa-apa seperti "anak kecil".

5. Jangan menegur saya di depan teman-temanku atau di muka umum. Lebih baik jika saya diingatkan atau ditegur secara pribadi.

6. Jangan buat saya merasa bahwa kesalahan yang dilakukan adalah dosa. Ini akan merubah nilai pandang saya.

7. Jangan hindari saya dari konsekuensi. Saya harus belajar merasakan susahnya akibat perbuatan yang dilakukan.

8. Jangan terlalu dipikirkan jika saya berkata "papa dan/atau mama jahat" atau "saya membenci papa dan/atau mama". Bukan papa dan mama yang saya benci tetapi kekuasaan papa dan mama yang menekan saya.

9. Jangan terlalu menghebohkan penyakit atau kecelakaan kecil yang terjadi. Kadang-kadang itu hanya karena saya memerlukan perhatian lebih.

10. Jangan mengomel. Jika mama dan/atau papa mengomel, maka tanpa sengaja saya akan pura-pura tuli.

11. Jangan lupa bahwa saya tidak dapat menerangkan sebaik yang saya inginkan. Itu sebabnya saya tidak selalu tepat.

12. Jangan abaikan ketika saya bertanya. Jika demikian, maka saya akan berhenti bertanya dan mencari tahu dari tempat lain.

13. Jangan tidak konsisten. Itu sangat membingungkan dan membuat saya kehilangan kepercayaan pada ucapan papa dan/atau mama.

14. Jangan mengatakan bahwa ketakutan saya adalah hal bodoh. Itu benar nyata dan lebih baik jika papa dan/atau mama berusaha mengerti.

15. Jangan merasa papa dan/atau mama sempurna dan tidak pernah berbuat salah. Ini akan membuat saya sangat kecewa jika mengetahui sebaliknya.

16. Jangan berpikir bahwa meminta maaf kepada saya merusak harga diri papa. Permintaan maaf yang tulus membuat saya merasa dekat dengan papa.

17. Jangan lupa bahwa saya sangat suka bereksperimen. Tidak mungkin tidak, jadi biasakanlah melihatnya.

18. Jangan lupa cepatnya saya bertumbuh. Pasti sangat sulit untuk berpacu dengan saya, jadi jangan lakukan.

19. Jangan lupa bahwa saya tidak tumbuh tanpa cinta dan pengertian, tetapi saya tidak perlu memberi tahu papa dan mama kan?

20. Mohon jagalah stamina dan kesehatan papa dan mama. Saya memerlukan papa dan mama untuk waktu yang panjang ke depan. (Dj)

"From : Buletin Oikos"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar