Rabu, 15 Februari 2012

BAGAIMANA POLA PIKIRMU?




Tahukah Anda bahwa Anda dapat terbebas dari pola pikir negatif? Langkah pertama menuju kebebasan dari pola pikir negatif adalah menyadari dan berani berkata, “Saya orang negatif dan saya mau berubah.”. Jika Anda sungguh- sungguh ingin berubah maka Anda pasti bisa karena Alkitab mengatakan bahwa di dalam Kristus kita adalah ciptaan baru (II Korintus 5 : 17). Berikut adalah langkah yang perlu Anda lakukan untuk berubah dari orang negatif menjadi orang positif:

1. Temukan penyebabnya.

Apakah Anda selalu berpikir bahwa tidak ada hal baik yang dapat terjadi dalam hidupmu? Atau apakah Anda telah lelah dengan kejadian buruk yang bertubi-tubi menghantam kehidupan Anda? Apakah Anda tidak berani berharap sesuatu yang baik dapat terjadi dalam hidup Anda karena selama ini segala sesuatu tidak baik? Apakah Anda tidak berani ambil resiko, senang bermain aman saja? Pemikiran-pemikiran di atas menyebabkan terhalangnya pola pikir positif menjadi pola pikir Anda. Menyadari bahwa selama ini Anda telah takut berpikir positif akibat pengalaman masa lalu akan menjadi pembuka jalan kebebasan Anda seperti yang dijanjikan firman Tuhan. Sebagai orang Kristen, kita perlu belajar melatih bagaimana pola pikir kita seharusnya karena pola pikir kita tidak selalu sejalan dengan pola pikir Kristus. Bila pola pikir kita tidak sejalan dengan pola pikir Kristus, kita harus melawannya. Pola pikir Kristus adalah pola pikir positif, bukan negatif. Itu yang dimaksud dalam Roma 12 : 2 tentang pembaharuan budi alias perubahan pola pikir, dari negatif menjadi positif. Banyak orang telah melakukan hal ini dan merekapun telah berubah dari pengecut menjadi pemenang. Ada orang-orang yang tadinya berpikir tidak mungkin aku bisa tapi setelah dia merubah pikirannya akhirnya bisa jadi orang terkenal. Lance Armstrong, Joyce Meyer dan banyak lagi yang telah membuktikan ketika mereka tahu penyebab terhalangnya pikiran mereka dan mengatasinya, tidak ada yang tidak bisa mereka capai. Firman Tuhan berkata, “Segala perkara dapat kutanggung di dalam Dia yang memberi kekuatan kepadaku.” (Filipi 4 : 13).

2. Latihlah berpikir positif setiap saat.

Setelah Anda menemukan penyebab pola pikir negatif yang menguasai Anda selama ini sebagaimana dinyatakan di atas, berikutnya Anda perlu mulai melatih pemikiran positif dalam segala situasi. Jika Anda sedang melewati masa susah dalam hidupmu, mulai belajar percaya bahwa Tuhan akan mengubah masalah Anda menjadi sesuatu yang membawa kebaikan bagi hidup Anda (Roma 8 : 28). Bahkan mereka yang sudah terbiasa berpola pikir positif dalam hidupnya juga tetap menghadapi masalah besar. Perbedaannya adalah mereka belajar tidak membiarkan masalah itu menguasai hidupnya dan tetap menikmati hidup apapun yang terjadi. Itulah perbedaan orang berpikir negatif dan positif. Untuk itu dibutuhkan latihan setiap hari dan setiap saat.

3. Perkatakan firman Tuhan setiap waktu.

Iman timbul dari pendengaran. Demikian juga pola pikir positif. Anda tidak cukup hanya berpikir positif, tapi Anda juga harus mengatakannya dengan mulut Anda sebagai pernyataan iman Anda (lihat Markus 4 : 24). Secara singkat, Allah mencoba mengatakan pada kita bahwa semakin banyak kita membaca dan merenungkan firman Tuhan, semakin sering kita akan melihat manfaatnya dalam hidup kita setiap hari dan mengakibatkan kita memiliki hubungan yang semakin intim dengan Tuhan. Dia bahkan menjanjikan bahwa kita akan berhasil dan beruntung (Yosua 1 : 8).

Mari kita mulai menyediakan waktu untuk membaca dan merenungkan firman Tuhan dan membandingkannya dengan pola pikir kita. Beri Tuhan kesempatan untuk membantu Anda menyelaraskan pola pikir Anda dengan pola pikir-Nya (Filipi 2 : 5). Buat komitmen hari ini untuk bekerja mengubah pola pikir Anda. Banyak orang telah menyaksikan bahwa hidup mereka berubah drastis ketika mereka berkomitmen dan minta pertolongan Roh Kudus untuk merubah pola pikir mereka. Kalau mereka bisa, Anda dan saya pasti juga bisa, asal kita mau. Tuhan Yesus memberkati.

From: Home Ministries

Tidak ada komentar:

Posting Komentar